Ad Code

Responsive Advertisement

Inilah Faktor Penyebab Kekalahan Persija


Dalam 2x45 menit yang berlangsung di bawah guyuran hujan, Macan Kemayoran sebetulnya memiliki cukup banyak kesempatan mencetak gol.

Namun, dari beberapa peluang, mereka hanya mampu melesakkan sebuah gol lewat penyelesaian Pedro Javier di menit ke-21, sementara tim tamu bisa membukukan dua gol melalui Jajang Mulyana di menit ke-20 dan eksekusi penalti Esteban Herrera di menit ke-41.

Menyusul hasil mengecewakan ini, Iwan Setiawan selaku pelatih merasa sebagai pihak yang paling bertanggung jawab. Tanpa ragu, ia mengaku melakukan kesalahan dalam memilih pemain.

"Secara jujur saya mengakui melakukan kesalahan dalam menentukan strategi. Kesalahan itu adalah memaksakan Ngurah Nanak yang baru bergabung, untuk tampil mengisi sektor kiri pertahanan," ujar Iwan Setiawan kepada wartawan, dalam keterangan pers usai pertandingan.

"Hal itu terbukti dengan beberapa kali ia gagal melakukan marking kepada Esteban Herrera dan Paulo Daniel," lanjutnya.

Sebetulnya, coach Iwan memiliki opsi lain yakni memasang Syarijal. Tapi, ia berpatokan pada rekomendasi tim pelatih fisik yang menyatakan Ngurah Nanak memiliki daya tahan kardiovaskular yang baik, sehingga recovery stamina yang dimiliki pun lebih bagus.

Dengan kekalahan yang baru saja diderita, kini Persija tertahan di peringkat ke-9 klasemen sementara, bermodal satu poin dari dua kali berlaga. Sedangkan Mitra Kukar berhak memuncaki klasemen Kompetisi Indonesia Super League 2013, dengan koleksi 6 angka.

Sementara itu, Stefan Hansson selaku pembesut tim berjuluk Naga Mekes, merasa gembira atas hasil yang diraih pasukannya setelah melalui perjuangan sengit.

"Penampilan kami di 45 menit pertama sempurna dengan berhasil mencetak dua gol. Namun, Persija mampu memperbaiki penampilannya di babak kedua, sehingga kami tak bisa menambah gol," terang Hansson.

"Saya sungguh gembira dengan dua kemenangan yang sudah kami raih dalam dua pertandingan" juru racik asal Swedia itu mengakhiri.
Reactions