Ad Code

Responsive Advertisement

Profil Calon Gelandang Asing Persija

(persibabppn)

Media Persija - Persija Jakarta kembali kedatangan gelandang asing yang berstatus seleksi. Dia adalah kapten timnas Afghanistan, Faysal Shayesteh. Dia mencoba peruntungannya bersama tim ibu kota.

Kedatangan Faysal tentu semakin menambah menarik persaingan gelandang asing Macan Kemayoran - julukan Persija. Sebab, sebelum Faysal, ada dua nama yang juga akan dijajal yakni Isaka Cernak dan Junior Timbo.

Faysal yang berumur 26 tahun merupakan jebolan dari klub Belanda, FC Twente. Dia juga pernah direkrut oleh klub Belanda lainnya, SC Heerenveen, saat berusia 18 tahun pada 2010 hingga 2012.

Hanya saja, selama dua musim pemain kelahiran Kabul itu dianggap kurang memberikan penampilan yang maksimal. Dia memainkan sembilan laga bersama Heerenveen U-21, tapi tak mencetak gol maupun assist.

Pada Februari 2013, Faysal bergabung dengan klub Bulgaria, PFG Etar 1924. Pada 2 Maret, dia melakukan debut di Liga Bulgaria dalam kemenangan kandang 2-1 atas Montana. Faysal masuk sebagai pemain pengganti pada menit 88.

Toh, Faysal tetap gagal memberikan performa apiknya. Dalam 10 laga bersama PFG Etar, dia hanya mengemas satu gol saja.

Pada Oktober 2013, kapten Timnas Afghanistan itu mulai mencoba peruntungannya di Asia Tenggara. Songkhla United menjadi klub pertamanya di kawasan ASEAN. Tapi, dia gagal membawa Songkhla bertahan di Thailand League 1 dan dia kemudian hengkang pada 2015.

Padahal, performanya bersama Songkhla lumayan apik. Pemain yang memiliki tinggi 179 cm itu menurut Football Database, mengemas tujuh gol dalam 23 penampilan dalam dua musim.

Faysal kemudian pindah ke klub Malaysia, Pahang, pada Juli 2016. Namun, dia cuma bertahan selama enam bulan dengan hanya mengemas satu gol dalam 10 pertandingan.

Dalam setahun setelahnya, dua klub diperkuat Faysal yakni Paykan FC dan Gokulam Kerala. Tapi penampilannya tetap kurang memikat hingga akhirnya ditarik Persija untuk mengikuti seleksi.

Di level timnas, Faysal menunjukkan performa yang lebih apik. Sejak melakoni debut pada 13 April 2014, dia tampil mengesankan meski sempat gagal mengeksekusi penalti melawan Kyrgyztan. Dia pernah mencetak gol lewat tendangan bebas ciamik saat melawan Kuwait pada 14 Mei 2014.

Faysal juga pernah mencetak gol indah dari jarak hampir 50 meter saat Afghanistan melawan Turkmenistan di AFC Challenge 2014 lalu. Sejak Djelaludin Sharityar pensiun, Faysal ditunjuk menjadi kapten timnas.

Selama memperkuat Timnas Afghanistan, Faysal sukses mengemas tujuh gol dalam 30 penampilan. Dia pernah meraih penghargaan Atlet Terbaik Afghanistan 2015.

Fakta Faysal

Nama Lengkap: Faysal Shayesteh
Lahir: Kabul, Afghanistan, 21 Juni 1991 
Posisi: Gelandang
Karir Senior:
2013           Etar Veliko Tarnovo
2014-2015  Songkhla United
2016-2017  Pahang FA
2017           Paykan
2017-...      Gokulam Kerala FC

Sumber: Jawapos.com
Reactions

Post a Comment

0 Comments