Ad Code

Responsive Advertisement

Perdamaian Viking dan Jakmania Harus Digarap Matang

Tokoh Sepakbola Jawa Barat, Dudi Sutandi, menyambut baik inisiatif perdamaian dua klub suporter antara Viking dan Jakmania. Hanya, dia mengingatkan bahwa hal itu tidak mudah sehingga harus dipersiapkan secara matang.
Hal itu dia katakan sewaktu memberikan pemaparan dalam rapat di Balai Kota Bandung, Rabu (27/6/2012). Rapat itu membahas persiapan keberangkatan rombongan Wali Kota Bandung ke Jakarta untuk menghadiri acara yang digelar oleh Jakmania. "Upaya perdamaian seperti ini sudah sering terjadi tapi masalahnya tidak semudah bayangan kebanyakan orang," kata Dudi.
Dia menerangkan bahwa perselisihan ini lebih banyak terjadi di tingkat akar rumput. Tingkat pengurus elit umumnya akrab dan tidak ada masalah.

Dudi mengingatkan bahwa perselisihan ini tidak menyangkut ras atau kedaerahan karena Jakmania yang tinggal di Depok, Bogor, atau Bekasi, memegang kartu tanda penduduk Jabar.
Terkait kunjungan ke Jakarta, Dudi meminta Dada tetap memerhatikan aspek pengamanan, tetapi juga mengharap agar rombongan seluruhnya menggunakan bus untuk menunjukkan kesungguhan niat. Setelah itu, dia juga meminta Ketua Viking, Heru Joko, membuat spanduk ajakan damai.
Komisaris PT PBB Kuswara S Taryono mengisahkan kondisi terakhir pertandingan Persib melawan Persija di Jakarta. Sewaktu bertanding, dia memuji kinerja panitia pelaksanayang menjamin keamanan tim Persib. "Begitu keluar stadion memang ada pelemparan sehingga beberapa kaca pecah tapi itu adalah ekses," kata Kuswara.
 Kuswara juga meminta agar upaya perdamaian melibatkan seluruh komponen tanpa ada satu pun yang tidak tertinggal. Yang harus diutamakan adalah bagaimana menyosialisasikanupaya perdamaian hingga level paling bawah. ( Kompas )
Reactions