Ad Code

Responsive Advertisement

Bersama Bendol, Persija Lebih Ketat

Benny 'Bendol' Dollo baru diuji 2 laga Persija Jakarta. Hasilnya mulai terlihat. Jumlah kebobolan Persija berkurang. Persija memang masih terpuruk di urutan buncit klasemen Indonesia Super League (ISL) 2012/13. Pasca ditangani Bendol selaku pelatih kepala anyar, performa tim Macan Kemayoran membaik meski belum bisa menang.

Dua laga di tur Papua yang dimainkan Persija bersama Bendol berujung kekalahan. Ismeda Sofyan dkk takluk 0-2 dari Persiwa Wamena pada Sabtu (30/3) di Stadion Pendidikan, Wamena. Empat hari berselang, 1 gol kapten Persipura Jayapura, Boaz Solossa paksa pasukan Bendol telan 5 kekalahan beruntun.
Maret 2013 memang jadi periode terburuk bagi Persija. Itu membuat Persija terjepit di urutan 18 klasemen ISL 2012/2013. Persija baru bisa raup 8 poin hasil 9 kali kalah, 2 kali imbang, dan 2 kali menang. Sama dengan raihan poin dan produktivitas Persidafon Dafonsoro.
Dari 2 laga bersama Bendol, Persija diakui masih dibayangi problem fundamental dalam sepakbola. Bendol menyebut serangan para pemain Persija begitu mudah dibaca lawan, bahkan kerap salah umpan. "Serangan terlalu mudah dibaca lawan.
Juga sering salah umpan. Padahal, kami mampu merebut bola dengan bagus," tukas Bendol. Minimnya pengalaman mayoritas pemain Persija jadi penyebab utama kelemahan mendasar itu.
"Skuad utuh Persija saat ini banyak diisi pemain yang belum jadi. Saya kira situasinya akan membaik di putaran II nanti. Meski begitu, saya tetap memberi apresiasi buat para pemain. Mereka sudah coba maksimal jalankan instruksi di lapangan," papar Bendol.
Di luar itu, Bendol menyatakan ada kemajuan yang ditunjukkan anak asuhnya. Paling mencolok adalah disiplin dalam pertahanan. Mereka kini lebih rapat dan ketat sehingga lawan pun lebih sulit bermanuver. Jumlah gol ke gawang Persija mulai bisa dikurangi.
"Empat laga sebelum tur Papua, Persija kebobolan 8 gol dan cetak 3 gol. Rataannya 2 gol lebih. Itu mulai bisa dipangkas," jelas Bendol. Persija dijadwalkan menjamu 2 tim lain asal Papua pada medio April 2013.
Persiram Raja Ampat jadi tim pertama yang dijamu tim Macan Kemayoran pada Sabtu (6/4). Lalu, Persidafon Dafonsoro diladeni Sabtu (13/4).
Efektivitas kinerja Bendol sebagai arsitek dengan jam terbang tinggi diuji pada laga itu. Tentu, Persija diharapkan tak cuma bisa reduksi kebobolan. The Jak Mania bakal lega jika Bendol mampu memberi lebih berupa kemenangan. (Syamsudin W)
Reactions